Pengertian Strategi Belajar Mengajar - Classy Pedia
News Update
Loading...

Sunday, August 4, 2019

Pengertian Strategi Belajar Mengajar

Menurut Gage (dalam Dahar 1989), belajar adalah suatu proses di mana seseorang berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman. Hasil pengalaman itu bisa di dapat pada saat berinteraksi dengan lingkungan sekitar.  Untuk menghasilkan belajar yang lebih baik dan bermakna, proses belajar seharusnya suatu proses yang aktif dari dan dalam diri siswa.

Seperti yang dijelaskan Roestiyah NK(1991, 1) bahwa di dalam proses belajar mengajar guru harus memiliki strategi yang bervariasi, agar belajar secara efektif dan efisien mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah menguasai teknik penyajian atau biasanya disebut dengan metode mengajar.

Pengertian Strategi Belajar Mengajar

Strategi mengajar adalah suatu teknik yang digunakan guru untuk mengajar atau menyajikan materi kepada siswa di dalam mau pun di luar kelas agar pelajaran tersebut dapat di cerna oleh siswa dengan mudah, dipahami (Roestiyah). Di dalam kenyataan metode mengajar yang digunakan guru untuk menyampaikan informasi lisan kepada siswa berbeda dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Metode yang digunakan untuk memotivasi siswa agar mampu menggunakannya untuk memecahkan  suatu masalah yang dihadapi atau pun menjawab suatu pertanyaan akan berbeda dengan metode yang digunakan dengan tujuan agar siswa mampu berpikir dan mengemukakan pendapatnya sendiri dalam mengahadapi segala persoalan.

Beberapa Strategi Yang Baik Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia 

Perencanaan atau disebut desain yang disusun di depan kelas. Ada tiga tahapan kegiatan teknik di depan kelas. Pertama, kegiatan penyajian dan penjelasan bahan pembelajaran. Kedua, kegiatan latihan yang dilaksanakan oleh siswa dalam rangka memahami bahan pembelajaran. Ketiga, kegiatan umpan balik untuk menentukan arah kegiatan belajar berikutnya sekaligus merupakan pengulangan atau lanjutan kegiatan belajar berikutnya.
Setelah memahami metode pembelajaran bahasa guru juga harus mengetahui teknik-teknik atau strategi pengajaran yang lazim digunakan. Teknik bersifat prosedural. Teknik yang baik dijabarkan metode dan serasi dengan pendekatan. Berikut sejumlah teknik pengajaran bahasa Indonesia yang biasa dipraktikan guru bahasa Indonesia:

1.Teknik Ceramah, Pelaksanaan teknik ceramah dikelas rendah dapat berbentuk cerita kenyataan, dongeng atau informasi tentang ilmu pengetahuan.
2.Teknik Tanya Jawab, Teknik tanya jawab dapat diterapkan pada latihan keterampialn menyimak, membaca, berbicara dan menulis. Selain guru bertanya pada murid, murid juga dapat bertanya pada guru.
3.Teknik Diskusi Kelompok, Teknik ini dapat dilakukan di kelas rendah dengan bimbingan guru. Peran guru terutama dalam pemilihan bahan diskusi, pemilihan ketua kelompok dan memotivasi siswa lainnya agar mau berbicara atau bertanya.
4.Teknik Pemberian Tugas, Teknik ini bertujuan agar siswa lebih aktif dalam mendalami pelajaran dan memiliki keterampilan tertentu, untuk siswa kelas rendah tugas individual seperti membuat catatan kegiatan harian atau disuruh menghapal puisi atau lagu.
5.Teknik Bermain Peran, Teknik ini bertujuan agar siswa menghayati kejadian atau peran seseorang dalam hubungan sosialnya. Dalam bermain peran siswa dapat mencoba menempatkan diri sebagai tokoh atau pribadi tertentu, misal: sebagai guru, sopir, dokter, pedagang, hewan, dan tumbuhan. Setelah itu diharapkan siswa dapat menghargai jasa dan peranan orang lain, alam dalam kehidupannya.
6.Teknik Karya Wisata, Teknik ini dilaksanakan dengan cara membawa langsung siswa kepada obyek yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Misalkan : museum, kebun binatang, tempat pameran atau tempat karya wisata lainnya.
7.Teknik Sinektik, Strategi pengajaran sinektik merupakan susatu strategi untuk menjadikan suatau masyarakat intelektual yang menyediakan berbagai siswa untuk bertindak kreatif dan menjelajahi gagasan-gagasan baru dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan alam, teknologi, bahasa dan seni.
Kelebihan teknik ini antara lain:

  • Strategi ini bermanfaaat untuk mengembangkan pengertian baru pada diri siswa tenang sesuatu masalah sehingga dia sadar bagaimana bertingkah laku dalam situasi tertentu
  • Strategi ini bermanfaat karena dapat mengembangkan kejelasan pengertian dan internalisasi pada diri siswa tentang materi baru.
  • Strategi ini dapat mengmbangkan berpikir kreatif, baik pada diri siswa maupun pada guru.
  • Strategi ini dilaksanakan dalam suasana kebebasan intelektual dan kesamaan martabat antara siswa.
  • Strategi ini membantu siswa menemukan cara berpikir baru dalam memecahkan suatu masalah.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Belum ada notifikasi untuk saat ini
Done