Pengertian wacana - Classy Pedia
News Update
Loading...

Sunday, August 4, 2019

Pengertian wacana

Pengertian wacana

Pengertian wacana


Ulasan kali ini akan membahas tentang pengertian wacana istilah wacana merupakan padanan ‘discorse’ dalam bahasa Inggris.Wacana merupakan bentuk tataran bahasa yang lebih luas dari pada kalimat. Wacana juga memiliki hubungan dan tautan yang padu. Wacana memiliki proposisi atau pernyataan yang mengandung makna utuh atau informasi yang lengkap yang akan disampaikan kepada pembaca atau pendengar. Menurut Alwi dkk (1998), wacana merupakan rentetan yang berkaitan, sehingga terbentuk makna yang serasi di antara kalimat-kalimat. Rentetan kalimat yang berkaitan yang menghubungkan proposisi yang satu dengan yang lain membentuk kesatuan.

Sedangkan menurut Tarigan (1987), wacana merupakan satuan bahasa yang terlengkap dan tertinggi atau terbesar di atas kalimat atau klausa dengan kohesi dan koherensi yang berkesinambungan dari awal sampai akhir. Pemahaman terhadap pengertian ini mengisyaratkan bahwa wacana mengacu pada pemanfaatan piranti kohesi dan koherensi yang baik. Kohesi merupakan keselarasan unsure formal kebahasaan atau pertautan rangkaian ujaran yang menggunakan lambing-lambang bahasa. Koherensi merupakan kepadanan wacana secara komunikatif dengan ide-ide yang lengkap.

Berdasarkan rumusan definisi wacana di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa suatu wacana tidak ditentukan oleh panjang pendeknya bentuk/rangkaian bahasa, tidak ditentukan oleh rumpil dan tidaknya tataran kebahasaan, melainkan oleh kelengkapan maknanya. Jadi rangkaian ujaran atau tuturan itu dikategorikan sebagai wacana harus di lihat dari makna yang terdapat didalamnya. Dalam hal ini, wacana harus dipahami secara tepat, dengan memperhatikan keberadaan wacana itu sendiri. Selain itu, bila di lihat dari wujudnya wacana dapat berbentuk kata, klausa,kalimat, mau pun rangkaian kalimat yang digunakan dalam lingkung komunikasi baik lisan mau pun tulisan.

Demikianlah penjelasan sikngkat mengenai definisi wacana semoga bermanfaat.

Sumber: Sukino. 2004. Memahami Wacana Bahasa Indonesia. Bengkulu: UNIB Press.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
Belum ada notifikasi untuk saat ini
Done